Cara Menciptakan Pemisah Ribuan Pada Textbox Excel

RumusExcel.com – Tanda pemisah angka ribuan atau biasa disebut separator biasanya dipakai untuk mempermudah dalam pencatatan suatu angka alasannya ialah ada tanda titik (.) sebagai pemisah ribuan, supaya tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan angka. Untuk menampilkan pemisah angka ribuan dalam pembuatan data dengan Microsoft Excel biasanya ialah dengan mengubah Fomat cell menjadi Currency atau Accounting. Begitupun jikalau ingin menciptakan pemisah ribuan pada sebuah TextBox ataupun Label pada UserForm maka harus di ubah Formatnya menjadi Currency atau Accounting. Untuk lebih jelasnya ikuti panduan berikut ini:

  1. Buka Aplikasi Microsoft Excel dan simpan dengan ekstensi *.xlsm atau *.xlsb.
  2. Tekan Tombol Alt+F11 untuk menampilkan jendela Microsoft Visual Basic atau buka Tab Developer dan klik Visual Basic.
  3. Tambahkan sebuah Userform dan 1 buah TextBox.
  4. Untuk Properties (Name) UserForm dan TextBox biarkan Default.
  5. Pada Properties TextBox ubah TextAlign dari 1-fmTextAlignLeft atau rata kiri menjadi 3-fmTextAlignRight atau Rata Kanan.
  6. Selanjutnya tinggal memasukkan script untuk menciptakan pemisah ribuan, klik kanan pada UserForm1 yang ada pada VBA Project dan klik View Code.
  7. Kemudian masukkan script berikut:
  8. Private Sub TextBox1_Change()
    On Error GoTo abc
    TextBox1 = Format(TextBox1 * 1, “#,##0”)
    Exit Sub

    abc:
    TextBox1 = “”
    End Sub

  9. Setelah selesai tekan tombol F5 pada keyboard atau klik tombol Run Sub/Userform pada Toolbar Microsoft Visual Basic untuk menjalankan UserForm, dan coba tuliskan angka pada TextBox apakah berhasil menampilkan pemisah ribuan (.) atau tidak.
Penjelasan Script yang digunakan:

Private Sub TextBox1_Change()
…..
End Sub

Maksudnya jikalau isi TextBox diubah maka semua perintah yang ada didalam tag atau sub tersebut akan dijalankan.

On Error GoTo abc

Maksudnya jikalau ada error maka perintah/script abc yang akan dijalankan, Error ini terjadi jikalau Textbox di isi dengan format text alasannya ialah untuk menciptakan format ribuan isi TextBox akan diubah menjadi format number, untuk itu harus ada penanganan error jikalau TextBox diisi dengan text bukan number.

TextBox1 = Format(TextBox1 * 1, “#,##0”)
Exit Sub

Script ini dipakai untuk mengubah format TextBox1 menjadi Number dan menampilkan pemisah ribuan. Setekah selesai perintah di akhiri (Exit Sub).

abc:
TextBox1 = “”

Jika terjadi error perintah ini yang akan dijalankan, yaitu menciptakan TextBox1 menjadi kosong.

Sekian pembahasan mengenai Cara Membuat Pemisah ribuan pada TextBox Excel, Contoh Filenya dapat di unduh disini. Semoga Bermanfaat…

Hosting Unlimited Indonesia


Sumber http://www.rumusexcel.com