Conditional Formatting Dengan Dua Kriteria Atau Lebih

RumusExcel.com – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah belajar cara memakai Conditional Formatting di Excel, kali ini kita akan mempelajari lagi penggunaan conditional formatting di Excel tapi dengan memakai dua kriteria atau lebih, alasannya ternyata masih banyak pengguna Excel yang sering kebingungan dalam menciptakan conditional formatting dengan dua kriteria ini. Untuk itu mudah-mudahan artikel sederhana ini dapat memperlihatkan solusinya.
Untuk menciptakan conditional formatting dengan dua kriteria caranya yaitu dengan memakai formula AND dan sebagainya. Contoh sederhana kita akan mengubah format cell yang berisi data tanggal (Date) dengan conditional formatting dengan kriteria tanggal awal dan tanggal akhir, hal ini juga dapat diterapkan pada laporan keuangan dan sebagainya.

 Jika pada artikel sebelumnya kita sudah berguru Conditional Formatting dengan dua kriteria atau lebih

Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Blok terlebih dahulu cell A2 hingga dengan cell A16.
  2. Selanjutnya pada tab Home, klik hidangan Conditional Formatting dan pilih New Rule…
  3.  Jika pada artikel sebelumnya kita sudah berguru Conditional Formatting dengan dua kriteria atau lebih

  4. Pada jendela New Formatting Rule, pilih Use a formula to determine which cells to format karena kita akan memakai formula atau rumus excel untuk menciptakan conditional formatting. Kemudian pada kolom Format values where this formula is true: masukkan rumus:
    =AND($A2>=$B$2;$A2<=$C$2) atau pakai rumus ini: =($A2>=$B$2)*($A2<=$C$2)
    yang berarti conditional formatting akan diterapkan pada cell dengan kriteria tanggal sama dengan/lebih besar dari tanggal yang ada di cell B2 dan tanggal sama dengan/lebih kecil dari tanggal yang ada di cell C2.
  5.  Jika pada artikel sebelumnya kita sudah berguru Conditional Formatting dengan dua kriteria atau lebih

  6. Selanjutnya ubah Formatnya sesuai keinginan, dengan klik pada Format…
  7. Kemudian klik OK. Hasilnya kalau pada cell A2 di isi tanggal misal 05 Desember 2014 dan pada cell C2 12 Desember 2014, maka conditional formatting akan diterapkan pada cell yang berisi tanggal 05 Desember 2014 hingga tanggal 12 Desember 2014.
  8.  Jika pada artikel sebelumnya kita sudah berguru Conditional Formatting dengan dua kriteria atau lebih
Hosting Unlimited Indonesia

Sekian pembahasan ihwal Conditional Formatting dengan dua kriteria atau lebih, Contoh File Latihannya dapat di unduh disini. Semoga Bermanfaat….
Sumber http://www.rumusexcel.com