10 Trik Belakang Layar Microsoft Word Paling Berguna

Sebagai pengguna komputer, tentu Anda sudah sangat familiar dengan aktivitas berjulukan Microsoft Word. Program ini dirilis pertama kali jauh sebelum Microsoft Windows dirilis yaitu pada tahun 1983 sedangkan terakhir yaitu versi Word 2013 dan terbukti memang sangat efisien untuk dipakai sebagai pengolah kata.

 tentu Anda sudah sangat familiar dengan aktivitas berjulukan  10 Trik Rahasia Microsoft Word Paling Berguna
Trik Rahasia Microsoft Word

Mbakbro yakin seratus persen bahwa kita tentu telah hafal dengan penggunaan shortcut ‘Ctrl+C’ dan ‘Ctrl+V’ untuk mengcopy paste. Lalu apakah ada trik diam-diam lain dari Microsoft Word untuk mempercepat kita mengerjakan tugas? Tentu saja ada, dan semua trik dalam artikel ini mbakbro tulis menurut pengalaman pribadi. Berikut daftar 10 trik diam-diam Microsoft Word paling berkhasiat versi :

1. Berpindah lebih cepat

Jika Anda memiliki sebuah file dokumen dengan halaman yang banyak, Anda sanggup memakai shortcut ‘Shift+F5’ untuk kembali ke spot terakhir yang kita edit. Trik ini juga sanggup dipakai meskipun file dokumen tersebut gres saja kita tutup.

2. Mengganti dari lowercase ke UPPERCASE atau sebaliknya

Untuk merubah dari abjad kecil ke abjad besar atau sebaliknya dengan cepat, sanggup dipakai shortcut ‘Shift+F3’. Caranya kata yang hendak dirubah harus di-block dulu, sehabis itu tekan ‘Shift+F3’ beberapa kali sampai sesuai yang diinginkan. Trik ini sangat berkhasiat ketika kita lupa mematikan CAPSLOCK ketika mengetik.

3. Block lebih cepat

 tentu Anda sudah sangat familiar dengan aktivitas berjulukan  10 Trik Rahasia Microsoft Word Paling Berguna

Untuk mem-block seluruh paragraf Anda sanggup klik tiga kali area paragraf tersebut sedangkan kalau hanya ingin mem-block satu kalimat sanggup dipakai shortcut ‘CTRL+klik’ di area kalimat tersebut. Ada satu cara lain untuk mem-block dalam bentuk kotak menyerupai marquee tool pada Photoshop yaitu dengan cara tekan ‘Alt’ dan seret kursor mouse.

4. Memindahkan text

Cara yang umum dipakai ketika kita ingin memindahkan text yaitu dengan cara ‘copy+hapus+paste’. Sebenarnya untuk memindahkan text dengan lebih cepat kita sanggup memakai shortcut ‘CTRL+F3’ untuk mengcopy sekaligus menghapus text kemudian tekan ‘CTRL+Shift+F3’ untuk mem-paste text tersebut. Hal ini sanggup dilakukan juga pada Image atau pada text dari file dokumen lain.
Cara lain yang sanggup dipakai yaitu sehabis mem-block tekan tombol F2 kemudian pindahkan kursor ke daerah yang diinginkan kemudian tekan ENTER.

5. Ketik di area manapun pada sebuah halaman

 tentu Anda sudah sangat familiar dengan aktivitas berjulukan  10 Trik Rahasia Microsoft Word Paling Berguna

Tahukah Anda bahwa kita sanggup memakai sebuah halaman dokumen WORD menyerupai sebuah papan tulis dimana kita sanggup menulis di sembarang tempat? Tinggal double klik di area manapun dalam sebuah halaman dan ketik kata yang ingin ditulis.

6. Konversi ke ‘plain text’

Pernahkah Anda mencopy paste sebuah artikel di internet dan ternyata akhirnya di WORD malah berantakan? Jika Anda ingin menghilangkan ‘styling’, Anda sanggup mem-block dulu kemudian tekan ‘CTRL+Spacebar’ atau ‘CTRL+Shift+N’ untuk merubahnya menjadi ‘plain text’.

7. Menambah filler

 tentu Anda sudah sangat familiar dengan aktivitas berjulukan  10 Trik Rahasia Microsoft Word Paling Berguna
filler

Ketika kita ingin melihat hasil simpulan sebuah font, biasanya kita menentukan sebuah font kemudian mengetik kata tak beraturan (filler) atau mem-block sebuah paragraf kemudian menentukan font. Ada sebuah cara untuk menulis filler dengan cepat yaitu dengan mengetik =rand(p,l) dimana p yaitu jumlah paragraf dan l yaitu jumlah kata dalam paragraf tersebut. Jika kesulitan memahaminya sanggup eksklusif dipraktekkan. Coba buka sebuah halaman kosong kemudian ketik =rand(4,3) untuk menulis filler sebanyak 4 paragraf yang masing-masing berisi 3 kata kemudian tekan ENTER.

8. Automatic page break

Jika ingin menciptakan sebuah page break atau halaman baru, pernahkah Anda menekan ENTER berulang-ulang sampai sebuah halaman gres muncul? Ada cara yang lebih cepat yaitu dengan menekan ‘CTRL+Enter’. Jika Anda menciptakan page break secara manual, ketika Anda mengedit halaman sebelumnya maka halaman selanjutnya juga akan ikut berubah. Lain halnya ketika Anda menciptakan page break dengan ‘CTRL+Enter’.

9. Mengcopy format text

Shortcut ini akan sangat berkhasiat ketika kita hanya ingin mengcopy format sebuah text dan bukan text-nya sendiri. Block dulu kata yang ingin dicopy formatnya kemudian tekan ‘CTRL+Shift+C’ untuk mengcopy format text tersebut. Sedangkan untuk mem-paste sanggup dipakai ‘CTRL+Shift+V’. Seperti juga ketika kita mengcopy text dengan ‘CTRL+C’, format text tersebut tetap tersimpan dalam memori komputer selama aktivitas WORD belum kita tutup.

10. Mengulang perintah terakhir

WORD mengingat perintah terakhir yang Anda lakukan dan dengan menekan tombol F4 akan otomatis mengulang perintah tersebut. Ini akan sangat berkhasiat ketika kita mengedit sebuah file. Untuk memahaminya coba Anda block sebuah kata kemudian tebali dengan ‘CTRL+B’ kemudian block kata lain kemudian tekan F4. Selamat mencoba.

Untuk memahami dengan tepat isi artikel ini, Anda harus mempraktekkannya berulang-ulang.

Baca juga : 7 trik mencontek paling kreatif dan 5 fakta salah kaprah yang diajarkan guru 

Bersambung


Sumber http://www.mbakbro.com