Cara Memperbaiki Sendiri Printer Epson Dfx 9000 Ribbon Jam

Cara Memperbaiki Sendiri Printer Epson DFX 9000 RIBBON JAM

Berikut penulis ingin membuatkan pengalaman cara mengatasi kerusakan printer Epson DFX 9000 dengan error RIBBON JAM. Mengingat banyaknya pengguna yang mengalami error ini, mudah-mudahan goresan pena ini dapat membantu menuntaskan duduk kasus tersebut. Baiklah eksklusif saja.

Awalnya penulis menganalisa error ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada episode sensor RDA (Ribbon Drive Assembly) atau pencetus pita. Karena user menjelaskan bahwa Ribbon-nya belum usang diganti, dan biasanya bila sudah diganti Ribbon-nya dengan yang baru, printer akan kembali normal tetapi selang beberapa usang error ini muncul kembali.

Setelah dilakukan pengecekan pada episode sensor RDA (Ribbon Drive Assembly)/penggerak pita, ternyata tidak ada masalah, semua komponen berjalan baik kemudian pengecekan di lakukan pada Ribbon Cartridge itu sendiri, ternyata sesudah Ribbon di bongkar terlihat pita tersangkut pada Roll pencetus pita.

Setelah menganalisa penyebab pita yang tersangkut tersebut penulis menyimpulkan kerusakan disebabkan lantaran pita yang terlalu penuh sehingga perputaran pita tidak normal.

Untuk menangani duduk kasus ini penulis mengganti isi Pita Ribbon Cartridge DFX 9000 tersebut dengan Pita Refill Epson LQ2180, lantaran pitanya lebih pendek sehingga pergerakan pita akan lancar. Terbukti sesudah isi pitanya diganti duduk kasus Ribbon Jam dapat terselesaikan……

NB: Sebaiknya gunakan Pita Epson yang Asli semoga tidak cepat kering..
Salam STARDATA..
Sumber http://www.stardataservice.com