Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook

Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook. Dengan semakin murahnya harga Laptop maupun notebook di dunia pasaran elektonik menciptakan komputer dekstop PC (CPU) semakin tersingkirkan. Tetapi tentu saja dengan semakin banyak jumlahnya, semakin banyak pula pemilik Laptop dan notebook yang pusing dikarenakan laptopnya mengalami kerusakan.

Jenis kerusakan dalam laptop pun sangat beragam, ada yang gampang di atasi dan ada pula yang harus hingga di bawa ke service center demi untuk memperbaiki Laptop dan notebook mereka. Oleh alasannya yakni itu, kali ini Kucopas akan membuatkan trik yang mudah-mudahan bisa membantu teman dalam mengatasi persoalan kerusakan pada laptop.

 Dengan semakin murahnya harga Laptop maupun notebook di dunia pasaran elektonik menciptakan k Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook

Langkah pertama yang sanggup teman lakukan yakni dengan cara kita harus bisa mengetahui dan memahami ciri-ciri kerusakan Laptop atau notebook teman dahulu, sesudah mengetahui ciri-cirinya maka selanjutnya persoalan tersebut bisa kita jadikan panduan awal dalam memperbaikinya tanpa pergi mengunjungi atau meminta pertolongan kepada tukang service demi untuk men-servis laptop atau notebook kita yang mengalami sedikit eror atau kerusakan.

Untuk persoalan kerusakan pada laptop atau notebook yang paling sering terjadi dan langkah-langkah awal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kerusakan tersebut, Kucopas mempunyai beberapa tips dan trik yang bisa teman coba praktekkan. Biasanya ada beberapa ciri-ciri kerusakan laptop atau notebook yang sanggup kita ketahui sebagai tahapan awal servis laptop atau notebook, yaitu antara lain:

Ciri-ciri Kerusakan Keyboard Laptop atau Notebook:
1. Beberapa Tuts (tombol keyboard) tidak berfungsi. Biasanya keluar bunyi beep panjang pada ketika laptop dinyalakan atau dihidupkan, cursor mouse berjalan tidak stabil atau bergerak-gerak sendiri tanpa digerakkan.

Solusinya: Sobat bisa membacanya dalam artikel Cara Mengatasi Laptop atau netbook Yang Bunyi Beep Terus

 Dengan semakin murahnya harga Laptop maupun notebook di dunia pasaran elektonik menciptakan k Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook

2. Kerusakan yang lebih parah biasanya yakni konslet, dan hal ini bisa mengakibatkan laptop atau notebook sesudah booting akan restart terus menerus dengan sendirinya tanpa dilakukan restart manual.

Solusinya: Silahkan teman cabut colokan charger jikalau terhubung dengan listrik, dan lepaskan baterai dari laptop teman lalu pasang kembali menyerupai semula.

Ciri-ciri Kerusakan pada LCD Laptop atau Notebook:
1. Layar tidak tampil gambar, menyala tapi keluar garis-garis vertikal, tampak blok hitam, dan gambar tidak simetris atau acak pada layar laptop atau netbook.

Solusinya: Coba teman cek terlebih dahulu konektor atau soket-soket yang bekerjasama dengan monitor laptop sobat. Apakah terpasang sebagaimana mestinya atau ada yang terlepas.

Ciri-ciri Kerusakan Charger Laptop atau Notebook:
1. Baterai tidak mau di charge, tidak ada indikator masuk power, laptop di charge posisi hidup malah lalu mati. Layar laptop bergetar tidak stabil.

Solusinya: Silahkan teman cabut charger dari laptop teman dan juga dari colokan yang terhubung dengan listrik, lepas juga baterai yang terpasang pada laptop. Kemudian periksa panel tembaga pada baterai dan laptop, periksa apakah ada yang tidak melekat dengan sempurna. Periksa juga panel tembaga pada sambungan charger laptop sobat, pastikan sudah terpasang dengan baik. Selanjutnya pasang kembali baterai dan juga hubungkan charger dengan listrik dan laptop.

Ciri-ciri Kerusakan Hardisk Laptop atau Notebook:
1. Loading data atau system lambat, berbunyi tidak normal, tidak bisa masuk windows, belum hingga masuk windows sudah restart sendiri.

Solusinya: Lepas baterai atau charger jikalau terhubung dengan listrik, lalu pasang dengan tepat dan nyalakan laptop kembali. Jika masih eror, kemungkinan besar hardisk rusak atau kebanyakan aplikasi yang terpasang dalam laptop.

Ciri-ciri Kerusakan Motherboard / IC regulator Laptop atau Notebook:
1. Laptop dihidupkan agak sulit, baterai tidak bisa discharge dan mati Total. Indikator charger nyala, nmaun sesudah dicharge lampu indikator pada charger mati (konslet). Kaprikornus terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sangat sering terjadi pada laptop yang telah usang digunakan.

Solusinya: Ganti dengan IC Power yang baru.

Ciri Kerusakan Memory Laptop atau Notebook:
1. Pada ketika dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, Blue screen atau Red Screen pada ketika mulai loading Operating System. Bisa juga keluar bunyi beep berulang-ulang.

Solusinya: Sobat bisa menemukannya juga dalam persoalan kerusakan bunyi beep diatas.

Ciri Kerusakan Chipset / VGA Laptop atau Notebook:
1. Layar tidak tampil, Kalau pun tampil tidak mau saluran ke Bios.
Ada terdengar bunyi beep secara beraturan.

Solusinya: Seperti diatas.

Ciri-ciri Kerusakan DVD / CD room Laptop:
1. Tidak mau membaca CD, indikator CD off.

Solusinya: Ganti optik pada CD room-nya, semoga bisa mendeteksi data dari DVD maupun CD.

 Dengan semakin murahnya harga Laptop maupun notebook di dunia pasaran elektonik menciptakan k Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook

Penjelasan di atas yakni merupakan ciri-ciri kerusakan yang sering terjadi pada laptop atau notebook secara hardware. Sedangkan ciri-ciri kerusakan laptop atau notebook secara software diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Tidak bisa membuka Aplikasi.
2. Tidak mau booting ke OS.
3. Pada loading awal, desktop banyak isu error.
4. File regedit tidak bisa di eksekusi.
5. Flasdisk tidak bisa di baca.
6. Folder option pada Explorer tidak bisa di buka.
7. Proses loading sangat lambat dan lama.

Demikian tips dan trik yang mengulas ihwal seputar Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook. Namun jikalau teman tidak mau mengambil resiko yang berbahaya bagi laptop teman yang bisa mengakibatkan kerusakan sangat fatal, maka jangan lakukan solusi diatas. Saran saya, bawalah ketempat teknisi laptop yang handal dan profesional. Semoga artikel yang saya share ini bisa sangat bermanfaat bagi teman semua.


Sumber http://kuc0pas.blogspot.de/