Download Kkm Kurikulum 2013 Sd Kelas 4 Edisi Revisi

0
15

Download KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Edisi Revisi | KKM ialah akronim dari Kriteria Ketuntasan Minimal, yaitu salah satu perangkat kurikulum yang dibentuk oleh masing-masing satuan pendidikan untuk memilih ambang batas kompetensi siswa. KKM dibentuk oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan :

  1. Intake Siswa, yaitu kemampuan rata-rata siswa yang ada di sekolah
  2. Kompleksitas, yaitu tingkat tingkat kesulitan dari sebuah bahan dan 
  3. Daya dukung, yaitu berkaitan dengan sumber belajar, serta sarana prasarana pendidikan
 KKM ialah akronim dari Kriteria Ketuntasan Minimal Unduh KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Edisi Revisi
KKM ditentukan pada awal tahun pelajaran pada rapat dewan guru, baik itu guru kelas maupun guru mapel. Nilai KKM dinyatakan dalam bilangan bulan antara 0 – 100. KKM yang sudah ditentukan melalui rapat harus disosialisasikan kepada siswa dan orang bau tanah siswa, dengan tujuan ada sinergi antara sekolah dengan orang bau tanah siswa dalam mengerjar sasaran (KKM) yang sudah ditentukan. Dalam pelaporan hasil berlajar siswa, KKM juga harus dicantumkan dalam buku rapor, sehingga orang bau tanah siswa bisa eksklusif membandingkan hail yang dicapai putra-putrinya dengan KKM yang telah ditentukan.
Penentuan KKM sangat bermanfaat dalam sebuah proses pebelajaran, diantara manfaat KKM ialah :
  1. Sebagai contoh guru dalam menilai kompetensi siswa
  2. Sebagai contoh siswa dalam berguru sehingga lebih semangat untuk mengejar nilai atau bahkan melampaui KKM
  3. Sebagai kontrak pedagogik antara guru, siswa dan satuan pendidikan
  4. Sebagai sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian para tiap mata pelajaran
Eit, kok malah bahas masah pengertian dan fungsi KKM sih, hehe….

Saya yakin, anda dan semua guru diseluruh Indonesia sudah tahu itu. Tapi tidak apa-apa deh, itung-itung untuk mengingatkan kembali ihwal pengertian dan fungsi KKM. Nah kini yuk unduh KKM kurkulum 2013 SD kelas 4 edisi revisi.
KKM Kuikulum 2013 SD Kelas 4 Edisi Revisi ini ada dalam apliaksi excel yang sangat gampang digunakan. Sheet 1 adalalah daerah untuk mengisi data guru dan kepala sekolah, yang nantinya akan secara otomatis masuk pada setiap sheet KKM permapel.
KKM, terdiri dari kolom Tema, Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, Kompleksita, Daya Dukung dan Intake Siswa. Semua indikator sudah tersedia secara lengkap, jadi anda tidak perlu repot-repot mengetik Kompetensi Dasar dari RPP silabus yang anda miliki. Yang perlu anda lakukan hanya memilih nilai Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake Siswa dari setiap Kompetensi Dasar maka nilai KKM dari setiap KD akan otomatis muncul. Kemudian untuk melihat KKM permapel, anda bisa melihat pada bab paling bawah dari aplikasi ini.
Nah, itulah KKM kurikulum 2013 SD kelas 4 edisi revisi yang bisa anda unduh di sini, semoga bermanfaat untuk membantu guru di seluruh Indonesia. Jika bermanfaat, silakan bagikan kepad rekan-rekan guru yang ada disosial media anda. 


Sumber http://mangwaskim.blogspot.com